Saturday, January 14, 2012

the benefit of STRIKE ACTION!

Setiap kali awal tahun, pasti yang jadi headline-news adalah STRIKE, STRIKE, dan STRIKE. Yah, Upah Minimum Regional-lah permasalahannya.  Semua para pekerja dan buruh yang tergabung dari beberapa perserikatan bergabung dan berkoalisi untuk menuntut haknya. Kenaikan upah adalah hal yang sistemik. Inflasi adalah satu akibatnya. Harga-harga kian melambung tinggi, tetapi pendapatan mereka tetap, padahal penjualan dari hasil produksi perusahaan tempat dimana mereka kerja semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan sudah menjadi korelasi, dengan meningkatnya penjualan, maka profit perusahaan pun ikut meningkat.

Dulu, ketika ogut masih menjadi mahasiswi, bertahun lalu, sering kali ngedumel sendiri, “Ngapain sih ada demo-demo kayak gitu? Minta kenaikan upah ga jelas kayak gitu pake acara sweaping, nutup pintu tol, teriak2 pake toa....”

Tapi kini ogut paham banget.

Menurut pendapat ogut nih, para labor-union itu itu adalah PAHLAWAN. Kenapa? Yah karena mereka rela lho panas-panas, hujan-hujan untuk memperjuangkan haknya, memperjuangkan para buruh yg lain. Hebat kan?!  Apalagi sekarang, diawal tahun ini,ketika seorang kepala propinsi atau gubernur sudah menandatangi perjanjian kenaikan UMR sebesar 400ribu tetapi para pengusaha merasa keberatan untuk memenuhinya tanpa pake acara negosiasi, maka labor-union adalah Pahlawan.

Pahlawan yang memperjuangkan haknya. Dan teman-temannya.

SALUT.

*dan tau tidak, mereka juga pahlawan buat aku. Karena dengan adanya STRIKE action gitu, ogut dapet libur sehari. Hihiihihhiihhh…

0 comments:

Post a Comment